Photo: Nikmatin Kuliner Coto Makassar H. Judding Balikpapan

By Rizal Abdillah - October 18, 2018

Lagi jalan-jalan di Balikpapan? dan lagi nyari kulineran?

Di Balikpapan, kamu bisa menyantap hidangan Coto Makassar di pinggir pantai sambil menghadap Selat Makassar. 

Kenapa banyak banget penjual coto di Balikpapan? kan ini Kalimantan bukan Makassar? yap pertanyaan yang selalu saya temukan pada para pelancong, pekerja yang sedang berada di kota minyak ini.

Balikpapan adalah salah satu kota di Kalimantan Timur, dimana disini mayoritasnya adalar warga pendatang baik suku Banjar, suku Bugis, suku Batak, suku Sunda, suku Bali, dll. Itulah mengapa Balikpapan banyak sekali macam-macam kuliner yang dapat kita temukan di pinggir jalan.

Berbicara tentang Coto Makassar di Balikpapan, saya memiliki langganan tersendiri. Yakni Coto Makassar H. Judding yang berada di Pasar Blauran, Klandasan. Lokasinya berada agak tersembunyi di belakang dan dekat dengan bibir pantai. 

Sebenarnya banyak hidangan coto disini namun dengan ragam brand pula. Mulai dari Coto Makassar H. Judding, H. Kasim dll.

Untuk menyantap Coto Makassar H. Judding kamu hanya perlu mengeluarkan ongkos Rp25.000,-/porsi udah sama es teh dan ketupat sepuasnya. Kalian bisa memilih pilihan daging, campuran atau pilihan selera masing-masing. 

Untuk rasa cukup nikmat di lidah saya, tapi di beberapa teman saya yang pernah menikmati coto ini mungkin agak terasa hambar. Tapi kalian bisa kok meminta garam atau penyedap rasa untuk menambah rasanya.

Untuk kesini kalian bisa menggunakan transportasi online, angkutan umum. Karna berada di pusat kota Balikpapan, sayang sekali jika kamu melewatkan Coto Makassar yang sudah sangat legendaris di kota ini.

Berikut adalah foto-foto Coto Makassar H. Judding.

Selera saya adalah campuran (daging, hati, paru, usus)

Ketupat sepuassnyaaaaaaaa

Ketupat sepuassnyaaaaa

Waktu yang pas menikmati coto Makassar dan es teh adalah di siang bolong.

Lokasi yang berada di pinggir pantai

Menikmati sambil menghadap selat Makassar

Gimana? tartarik buat menikmati coto Makassar di Pasar Blauran, Klandasan, Balikpapan? mari cicipi..


  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Enak bangat makan coto makassar ngga harus pergi ke makassar hehehhe

    ReplyDelete