Pengalaman Menjelajah Kalimantan Timur Bersama Xpress Air

By Rizal Abdillah - October 27, 2018

Xpresss air telah memberikan saya kemudahan dalam menyusuri hutan Kalimantan
Beberapa hari yang lalu saya merencanakan untuk menikmati festival budaya di Kampung Ujoh Bilang, Kabupaten Mahakam Ulu. Perjalanan dari Balikpapan cukup jauh dan melelahkan. Untuk menuju ke kampung tersebut, kami harus menyiapkan fisik yang fit untuk kesana.

Dari Balikpapan, kita bisa melalui jalur darat terlebih dahulu ke Pelabuhan Tering di Melak, Kabupaten Kutai Barat. Namun, perjalanan dari Balikpapan membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 10 Jam lamanya. Sebenarnya cukup membosankan.

Otomatis saya harus menyiapkan setidaknya dua hari sebelum acara tersebut. Tapi, saya juga masih ada beberapa tugas-tugas di kota yg harus diselesaikan. Akhirnya saya memilih untuk melakukan perjalanan via udara, yakni pesawat Xpress Air Indonesia dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan ke Bandara Melalan Melak.

Perjalanan hanya membutuhkan waktu 35 menit saja. Dan ini juga pengalaman pertama terbang menggunakan pesawat kecil antar Kabupaten/Kota. Kalian bisa booking tiket pesawat Xpress Air Indonesia melalui traveloka.

Selain jalur darat dan udara, sebenarnya bisa melalui jalur Sungai Mahakam lewat Samarinda. Tapi sangat membutuhkan waktu yang jauh lebih lama lagi dari perjalanan darat. Dan ongkos pun juga lumayan mahal per orang, untuk kapal bisa 300-400 ribu dengan waktu perjalanan yang bisa sampai dua hari lamanya. Namun, katanya sih view selama perjalanan begitu keren.

Rabu, 24 Oktober 2018

Saya menuju ke Bandara Balikpapan dan memulai perjalanan menuju pedalaman Kalimantan Timur. Saya kira, penumpang pesawat di Xpress Air rute Balikpapan - Melak bakal sepi. Ternyata cukup banyak juga peminatnya. Rata-rata mereka semua adalah pekerja yang bermayoritas bekerja di tambang.

Pesawatnya cukup mungil, seatnya terbagi dua sisi dengan masing-masing 2 kursi disetiap sisi. Ada dua pramugari yang menyambut. Tidak begitu lama setelah masuk, pesawat pun mulai bergerak mundur untuk take off.

Oh iya, karna perjalanan hanya 35 menit. Jadi, makanan disini hanya wafer dan air gelas mineral. Jangan berharap ada menu Nasi Padang ataupun Nasi Kuning di pesawat hahaha.

View dari atas cukup menarik. Kita dapat melihat hutan-hutan Kalimantan yang hijau. Namun sayang, beberapa terlihat gundul akibat eksploitasi alam yang begitu besar dan berlebihan menurut saya. Jadi, mari kita jaga hutan-hutan kita. Gak mesti ke hutan, tapi dengan hemat energi kita sudah membantu mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang proses produksinya melibatkan proses eksploitasi alam yang begitu parah.
Terminal Keberangkatan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan. Bandaranya keren, minimalis jangan kaget yah kalo kalian nemu burung-burung terbang disini.

Ruang tunggu keberangkatan di Gate 11 dekat sama tempat ngopi dan bioskop bandara.



Pesawat Xpress Air sedang menurunkan penumpang
Antri yah masuknya jangan berebutan, kursi gak lari kok.

Tidur lelap dengan nyaman.

Melihat luasnya Kalimantan dari ketinggian


Terima Kasih
Bandara Melalan, Kutai Barat.
Tidak lama pesawat Xpress air landing di Bandara Melalan Melak. Mulus banget pendaratannya :D. Setelah mencoba rute Balikpapan - Melak. Saya akan kembali mencoba rute lain dari Xpress Air ini di kepulangan perjalanan saya yakni rute Melak - Samarinda sekalian pengen ngeliat Bandara APT Pranoto Samarinda yang baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo ketika saya sedang berada di pedalaman Kalimantan Timur.

Berikut highlight Bandara APT Pranoto Samarinda

Sambil pamer topi baru khas dayak di depan Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto

Di dalam ruang kedatangan Bandara APT Pranoto


Karena lokasi Bandara APT Pranoto jauh dari kota. Tepatnya berada di jalan poros Samarinda - Bontang. Jarak dari Bandara ke Kota sekitar 45 Menit. Disini terdapat fasilitas Bus DAMRI dengan tarif sekitar 40 ribu rupiah. Busnya nyaman dan dingin, kemarin pas banget dapat yang lagi sepi.



Gimana, menarik buat menjelajah Kalimantan Timur dengan jalur udara? semoga Kalimantan Timur terus terhubung dengan akses-akses transportasi yang murah dan cepat.

#ExploreBorneo
#XpressAirIndonesia
#AngkasaPura






  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Keren perjalanan nya pak..lanjutkan pak..hehe

    ReplyDelete
  2. nice trip ^^ . visit juga ya blog saya https://deqqab.blogspot.com/2018/11/5-alasan-kota-tangerang-semakin-padat.html

    ReplyDelete