Photo Essay: Kampung Warna Warni Pasar Baru Balikpapan

By Rizal Abdillah - October 15, 2018

Salah satu bangunan musholla yang berada di kampung warna warni Pasar Baru Balikpapan.


Kamu lagi nyari spot selfie asik di Balikpapan?
Atau kamu lagi transit di Balikpapan, dan gak punya banyak waktu ke tempat-tempat wisata yang ada di kota minyak ini?

Sekarang, kamu bisa mengunjungi spot baru buat selfie di tengah kota tanpa perlu jauh-jauh ke pinggir kota. Tentunya gak banyak makan waktu untuk perjalanan kesini.

Di Kawasan Pasar Baru Balikpapan, terdapat spot selfie yang instagenic banget. Dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan lokasinya sekitar 20 menit untuk kesini. Kampung tematik ini sebelumnya sudah ada di Kawasan Manggar namanya Teluk Seribu.

Namun tidak mau kalah, warga di kawasan Pasar Baru RT.32, Kecamatan Balikpapan Kota juga mengemas kampung mereka menjadi kampung warna warni atau mereka sebut kampung pinisi. Berada di pinggir pantai dan dihimpit oleh bangunan tinggi Grand Sudirman Balikpapan, kampung ini menjadi tempat favorit baru bagi wisatawan lokal maupun luar kota.

Untuk masuknya, kalian gak ditarifin tiket masuk loh. Tapi ada kotak yang terbuat dari sampah kaleng yang sengaja dibuat dan dijadikan kotak sukarela buat wisatawan yang ingin berdonasi terhadap kelestarian kampung ini.

Disini banyak warteg-warteg kecil yang berdiri untuk mengisi perut setelah berkeliling di kawasan kampung warna warni Pasar Baru. Banyak juga gambar-gambar 3D yang menarik disini. Anak-anak kecil yang lucu menyambut kalian dengan bahagia.

Tapi sayangnya, yang bikin kurang srek dipandang adalah banyaknya jemuran-jemuran pakaian milik warga yang dijemur di depan rumah.

Buat kalian yang ingin kesini bisa datang kapan saja, tapi saran sih mending datang di pagi hari dan sore hari. Karna waktu yang pas buat menikmati matahari terbit dan matahari tenggelam di pinggir pantai di kawasan kampung ini.

Berikut Potret Kampung Warna Warni di Kawasan Pasar Baru Balikpapan

Kampung warna warni di Kawasan Pasar Baru, Balikpapan
Aliran sungai

Blok perjuangan ...

Banyak poster edukatif disini ...

Main ular tangga ...

Bahagia ...


Om, fotoin nah ...

Tanaman Toga milik warga sekitar

Lidah Mertua


Ada musholla unik disini




Berada di pinggir pantai tengah kota.

Kain siapa yah ini? kok serasi banget ...

Dihimpit bangunan tinggi

Banyak warteg mini. Yang punya warteg naruto.

Kaleng Donasi ... sempatkan berdonasi yah biar kampung ini tetap lestari.

Mari mampir makan kerupuk ...


Kios organic, tapi kemasan jualannya masih menggunakan plastik. Bisa jadi sampah kemasan plastiknya di daur ulang oleh pemilik kaos ini :P

  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. Beberapa waktu lalu sempat lama pulang kmpung ke bpn, namun blm sempat berkeliling sampai kemari, kampung warna warni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang sekali, kalo pulang keliling2 dong. ntar sayangnya ama kota ini jadi hilang :P

      Delete
  2. dengan demikian jadi terlihat bersihd an semaark ya

    ReplyDelete