Bermain Gasing Dihari Terakhir di Ujoh Bilang Mahakam Ulu Vol. 4

By Rizal Abdillah - December 02, 2018



Wah udah di cerita terakhir saya nih dalam perjalanan ke desa Ujoh Bilang, Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Setelah dua hari menikmati desa berbudaya ini. Akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke kota karna sudah banyak pekerjaan yang saya tinggalkan.

Sebelumnya simak cerita perjalanan sebelumnya disini

Melihat Persiapan Festival Hudoq di Ujoh Bilang, Mahakam Ulu, Kalimantan Timur - Vol. 1
Mengaraang, Menari Sampai Pagi di Ujoh Bilang, Mahakam Ulu Vol. 2
Rekor Dunia MURI Untuk Hudoq Terbanyak di Ujoh Bilang Vol. 3

Hari terakhir, tentunya saya gak mau ngelewatin moment kali ini di desa yang berada di pinggir sungai Mahakam. Setelah kehilangan cukup banyak file-file foto dan video di memori kamera. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan kembali memori tersebut dan berharap masih bisa direcovery untuk file hari sebelumnya.

Suasana desa masih ramai, namun sudah tidak terlihat lagi hudoq-hudoq di pagi hari. Kini saya mencoba menyusuri kampung ini walau hanya sejam untuk menikmati terakhir kalinya desa Ubil di tahun ini. Semoga tahun depan bisa main kesini lagi deh.

Berikut adalah foto-foto yang saya potret dihari terakhir di Ujoh Bilang


Sarapan Nasi Kuning Telur
























BEGASING, PERMAINAN TRADISIONAL KHAS MAHAKAM ULU

Setelah berkeliling melihat sekitar kegiatan aktivitas warga di desa. Saya kembali ke lapangan untuk melihat aktivitas begasing. Merupakan permainan tradisional yang udah tidak terlihat lagi di kota. Permainan ini sama dengan gasing-gasing tradisional pada umumnya.

Dimainkan dengan cara melilitkan tali pada badan gasig yang terbuat dari kayu benggeris atau juga kayu ulin. Kemudian dilemparkan ke permukaan tanah.

Permainan ini dinikmati oleh berbagai kalangan baik anak-anak hingga orang dewasa.

Begasing





MILIR..

Terima kasih Ujoh Bilang, desa berbudaya yang membuat saya terkagum dengan kearifan lokalnya yang masih terjaga hingga saat ini.

Selanjutnya saya pulang menggunakan speed boat ke Tering dan melanjutkan perjalanan ke Balikpapan via pesawat udara melalui Samarinda dahulu.

Moment seorang anak dan ibu yang mengantarkan keluarganya yang akan milir
Berada di atas speed boat bersama warga Mahakam Ulu yang hendak Milir.

Tering (Melak, Kutai Barat)

Terima Kasih Mahakam Ulu, salah satu daerah yang paling saya favoritkan dalam destinasi kegiatan travelling saya di tahun ini.

#GENPI
#GENPIKALTIM
#PESONAINDONESIA

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar