Bukan Aksesoris, Belimbing Jumbo di Kampung Giri Rejo Ini Manisnya Semanis Madu

Ibu Kadinah memegang belimbing madu di kebunnya.
Siapa sangka belimbing ini ternyata bukanlah mainan ataupun aksesoris penghias halaman rumah. Ternyata, buah belimbing yang berukuran jumbo ini yang dikenal dengan nama Belimbing Madu sudah menjadi tanaman khas yang memenuhi halaman rumah para warga di Kampung Berseri Astra Giri Rejo, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pak Suko adalah salah satu warga KBA yang berusia 34 tahun ini, telah menanam buah belimbing madu sejak 8 tahun yang lalu. Beliau membawa bibit buah belimbing madu ini dari pulau jawa tepatnya di Karangsari, Blitar, Jawa Timur. Oleh karena itu, lokasi budidaya belimbing madunya seringkali menjadi percontohan warga. Kini beliau telah memiliki sekitar 50 pohon belimbing madu.

Keistimewaan buah belimbing madu ini, buahnya bukanlah buah musiman. Jadi, kalian tidak perlu menunggu waktu yang lama dan musimnya untuk ingin mencicipi buah ini. Sekilonya, harga belimbing madu ini dijual mulai dari 35ribu rupiah.

Khusus di Kampung Berseri Astra Balikpapan, kalian bisa loh mencicipi buah tersebut di kebunnya dan memetik langsung dari pohonnya. Khasiat buah belimbing madu ini salah satunya adalah menurunkan tensi bagi belimbing yang berwarna hijau. Cara penyajian bisa di blender ataupun dimakan langsung.

Buah belimbing madu yang di okulasi dengan belimbing lokal ini, proses budidayanya ternyata tidak mudah. Pak Suko, tidak ingin merawat tanaman belimbing madunya dengan menggunakan pupuk-pupuk kimia yang katanya punya resiko bagi tanamannya. Beliau lebih memilih menggunakan pupuk kandang dari kambing, dsb.

Pak Suko, memegang belimbing madu yang masih kecil. Dan akan ditutup dengan sebuah plastik untuk menghindari hama lalat buah
Buah belimbing madu yang masih kecil dan berwarna hijau sudah ia tutupi dengan plastik bening satu per satu guna menghindari hama lalat buah. Lalat buah yang mengganggu tersebut bisa membu√Ęt belimbing madu mengalami pembusukan di bagian dalamnya.

Hasil panen buah milik Pak Suko ini biasanya dijual langsung ke lapak pinggir jalan yang berada di KM. 19 Balikpapan - Samarinda oleh adiknya. Sebenarnya udah banyak sekali berbagai perusahaan supermarket modern dan kios-kios buah di kota yang menawarkan kerjasama. Namun, karna jumlah produksi yang masih rendah membuat pak Suko tidak mampu untuk menerima tawaran tersebut.

Kehadiran PT. Astra International Tbk di kampung ini telah memberikan manfaat buat warga di kampung yang berada dekat dengan kawasan jalan tol Balikpapan-Samarinda ini. Bahkan, pak Suko juga bisa bernafas lega karena dengan adanya bantuan 500 bibit ke warga setidaknya memberikan harapan akan jumlah produksi belimbing madu di kampung ini menjadi lebih tinggi.

Hasil petik belimbing madu di kebun Pak Suko di Kampung Berseri Astra Balikpapan.
Pak Suko juga berharap setelah adanya pemberian bantuan bibit ini bisa meningkatkan produksi yang ada di kampung ini serta memberikan potensi kawasan agrowisata baru di Kampung Giri Rejo.

Dia juga berharap agar ke depan mereka bersama teman-teman petani belimbing madu bisa membuat produksi olahan baru dari buah ini. Seperti camilan keripik, dodol, dll.

Kini kita bisa menemukan buah belimbing madu ini dengan mudah di Kampung Giri Rejo Km.13 Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara.

Bagaimana, tertarik menikmati buah belimbing madu yang manis ini? Yuk langsung ke kebunnya dan nikmatilah!

#KitaSATUIndonesia
#SemangatKampungIndonesia

Berikut video cuplikan highlight kebun belimbing madu di KBA Balikpapan


2 comments:

  1. waaaah bnran manis yaaa. soalnya selama ini makan belimbing rasanya kecut walopun kdg ada manisnya dikit :D. blmnpernah coba nih yang belimbing madu. ga prnh liat jg di toko buah yg srg aku dtgin -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke Balikpapan, rasain. manis banget seperti madu

      Delete