Mengintip Kelas Inspirasi Palu di SDN Tondo



Palu, menjadi pilihan kota selanjutnya yang saya kunjungi di bulan maret.

Kalo bisa dibilang, ini adalah perjalanan yang dadakan direncanakan. Sesampai di kota Palu, Sulawesi Tengah jumat malam (8/3/19). Saya langsung diajak oleh kawan yang baru juga saya kenal di Palu dari jaringan komunitas regional yang saya ikuti. Diajaknya saya ke sebuah warung kopi untuk menyicipi kopi napu khas Palu. Ditambah dengan hangatnya kuliner mie dampelas yang bikin badan makin hangat.

Sambil menyantap kuliner dan kopi napu, saya memikirkan kemana tempat yang akan saya tuju di kota ini. Kebetulan kawan sedang bercerita, bahwa besok pagi dia akan melakukan kegiatan Kelas Inspirasi Palu. Salah satu tim KI Palu membutuhkan teman-teman relawan dokumentasi di beberapa sekolah.

Akhirnya, saya ikut dengan mereka walaupun tanpa persiapan yang matang. Yah itung-itung buat mengisi waktu pagi esok dengan bertemu pemuda pemudi di Palu yang punya semangat besar dalam memberikan inspirasi dan motivasi kepada anak-anak di Palu.

Saya kebagian di SD Negeri Tondo, tidak jauh dari tempat saya menginap yah sekitar 20 menit lah dengan kendaraan motor yang dipinjamkan.

Pukul 06.45 WITA, berangkat lah saya. Keluar dari tempat penginapan yang sederhana saya langsung takjub melihat pemandangan indah di pagi hari di kota Palu. Kota yang dilintasi garis khatulistiwa ini ternyata dikelilingi oleh pegunungan. Maklum, tadi malam tidak dapat melihat keindahan palu dari atas langit karna gelap. Yang terlihat hanyalah cahaya lampu yang menerangi kota.

Menuju SDN Tondo dengan melewati jalan poros di pesisir pantai, tampak pemandangan bangunan yang berjejer dengan bekas reruntuhan di sepanjang perjalanan. Jalanan yang terlihat bekas patahan-patahan gempa. Juga sesekali melintas di kawasan hunian sementara rakyat yang berupa tenda masih berdiri di kawasan pesisir. Dalam hati berpikir bagaimana rasanya tinggal di dalam tenda tersebut dalam kondisi yang sempit dan panas.

Sampai juga di SDN Tondo dan saya pun langsung mendokumentasikan kegiatan teman-teman Kelas Inspirasi Palu.

Silahkan dinikmati video dokumentasi yang saya buat


#PaluBangkit
#PaluKuat

2 comments:

  1. Great and nice story.
    Thanks kk rizal

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank u bang, sampai jumpa di kegiatan selanjutnya di Palu.

      Delete