Showing posts with label #LFAAPABALIKPAPAN. Show all posts
Showing posts with label #LFAAPABALIKPAPAN. Show all posts
Ibu Kadinah memegang belimbing madu di kebunnya.
Siapa sangka belimbing ini ternyata bukanlah mainan ataupun aksesoris penghias halaman rumah. Ternyata, buah belimbing yang berukuran jumbo ini yang dikenal dengan nama Belimbing Madu sudah menjadi tanaman khas yang memenuhi halaman rumah para warga di Kampung Berseri Astra Giri Rejo, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pak Suko adalah salah satu warga KBA yang berusia 34 tahun ini, telah menanam buah belimbing madu sejak 8 tahun yang lalu. Beliau membawa bibit buah belimbing madu ini dari pulau jawa tepatnya di Karangsari, Blitar, Jawa Timur. Oleh karena itu, lokasi budidaya belimbing madunya seringkali menjadi percontohan warga. Kini beliau telah memiliki sekitar 50 pohon belimbing madu.

Keistimewaan buah belimbing madu ini, buahnya bukanlah buah musiman. Jadi, kalian tidak perlu menunggu waktu yang lama dan musimnya untuk ingin mencicipi buah ini. Sekilonya, harga belimbing madu ini dijual mulai dari 35ribu rupiah.

Khusus di Kampung Berseri Astra Balikpapan, kalian bisa loh mencicipi buah tersebut di kebunnya dan memetik langsung dari pohonnya. Khasiat buah belimbing madu ini salah satunya adalah menurunkan tensi bagi belimbing yang berwarna hijau. Cara penyajian bisa di blender ataupun dimakan langsung.

Buah belimbing madu yang di okulasi dengan belimbing lokal ini, proses budidayanya ternyata tidak mudah. Pak Suko, tidak ingin merawat tanaman belimbing madunya dengan menggunakan pupuk-pupuk kimia yang katanya punya resiko bagi tanamannya. Beliau lebih memilih menggunakan pupuk kandang dari kambing, dsb.

Pak Suko, memegang belimbing madu yang masih kecil. Dan akan ditutup dengan sebuah plastik untuk menghindari hama lalat buah
Buah belimbing madu yang masih kecil dan berwarna hijau sudah ia tutupi dengan plastik bening satu per satu guna menghindari hama lalat buah. Lalat buah yang mengganggu tersebut bisa membuât belimbing madu mengalami pembusukan di bagian dalamnya.

Hasil panen buah milik Pak Suko ini biasanya dijual langsung ke lapak pinggir jalan yang berada di KM. 19 Balikpapan - Samarinda oleh adiknya. Sebenarnya udah banyak sekali berbagai perusahaan supermarket modern dan kios-kios buah di kota yang menawarkan kerjasama. Namun, karna jumlah produksi yang masih rendah membuat pak Suko tidak mampu untuk menerima tawaran tersebut.

Kehadiran PT. Astra International Tbk di kampung ini telah memberikan manfaat buat warga di kampung yang berada dekat dengan kawasan jalan tol Balikpapan-Samarinda ini. Bahkan, pak Suko juga bisa bernafas lega karena dengan adanya bantuan 500 bibit ke warga setidaknya memberikan harapan akan jumlah produksi belimbing madu di kampung ini menjadi lebih tinggi.

Hasil petik belimbing madu di kebun Pak Suko di Kampung Berseri Astra Balikpapan.
Pak Suko juga berharap setelah adanya pemberian bantuan bibit ini bisa meningkatkan produksi yang ada di kampung ini serta memberikan potensi kawasan agrowisata baru di Kampung Giri Rejo.

Dia juga berharap agar ke depan mereka bersama teman-teman petani belimbing madu bisa membuat produksi olahan baru dari buah ini. Seperti camilan keripik, dodol, dll.

Kini kita bisa menemukan buah belimbing madu ini dengan mudah di Kampung Giri Rejo Km.13 Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara.

Bagaimana, tertarik menikmati buah belimbing madu yang manis ini? Yuk langsung ke kebunnya dan nikmatilah!

#KitaSATUIndonesia
#SemangatKampungIndonesia

Berikut video cuplikan highlight kebun belimbing madu di KBA Balikpapan


Selamat datang di Kampung Berseri Astra Karang Joang Balikpapan. Fotonya di lapangan kampung, depannya Puskesmas.

Gak melulu kampung itu selalu tertinggal. Di Balikpapan ada salah satu kampung yang menarik dan tentunya bikin anak kota jadi iri. Gimana tidak, warga disini jauh lebih mandiri dan anak-anaknya juga pintar-pintar.

Beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan buat kembali mengunjungi Kampung Berseri Astra yang berada di KM.15 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara. Sekitar 20 menit dari pusat kota, kampung yang dilintasi oleh proyek jalan tol Balikpapan - Samarinda ini ternyata banyak yang belum tau loh.

Kampung yang dibina oleh perusahaan Astra ini keren banget. Memasuki kampung ini, kita disambut oleh gerbang besar bertuliskan Kampung Berseri Astra, dengan dinding-dinding bewarna biru serta lukisan-lukisan menarik.

Sepintas kampung ini seperti kampung-kampung pada umumnya. Namun ketika kita menjelajah lebih dalam, kita akan menemukan banyak sekali cerita-cerita inspiratif. Berikut adalah 4 hal yang membuat kampung ini jauh dari kata ketertinggalan. Simak yah!


1. Ternyata warga disini sangat memperhatikan banget kesehatannya

Sehat-sehat yah bu, biar bisa main sama cucu.
Senam Lansia, Sehat Bersama Astra
Pengecekan Kesehatan Gratis
Hujan tidak menyurutkan para warga lansia disini buat mengisi waktu untuk memperhatikan kesehatannya, seperti melakukan gerakan masyarakat senam lansia dan pengecekan kesehatan gratis. Di ruang aula di SDN 026 Balikpapan Utara, para lansia terlihat bersemangat dan berkumpul menggunakan seragam berwarna biru. Mereka antusias sekali dengan adanya gerakan sehat bersama Astra ini.

Selain para warga lansia, anak-anak sekolah dasar juga diberikan susu gratis. Tampak mereka senang dan berebutan.


2. Warga di kampung sini senang sekali berkebun

Jajanan Sehat
Pisang rebus, Ubi, Kacang-kacangan. Jajanan sehat kaya akan serat dan protein.
Kerupuk dari sayur-sayuran yang dikeringkan.
Ketika kami berada di sekolah dasar ini kami ditawari berbagai jajanan sehat seperti kerupuk yang terbuat dari sayur, kemudian terdapat juga kacang rebus, ubi rebus serta buah-buahan. Jujur saja, menu jajanan gini jarang banget saya temuin di kota. Kebanyakan yang saya temuin ya jajanan mengandung micin hahaha.
Bazar buah dan sayur-sayuran.
Bahkan dikesempatan kemarin, warga membuka bazar sayur dan buah-buahan. Mulai dari buah belimbing, salak dsb. Harganya juga murah meriah loh. Usut demi usut ternyata warga disini memang senang sekali bercocok tanam di halaman depan dan belakang rumah loh.

Selain buah dan sayuran, warganya juga senang bercocok tanaman toga.


3. Gak melulu soal kebun, warganya juga punya usaha tekstil rumahan

Proses produksi kain majun

Namanya Bu Endah, salah satu pengrajin kain majun di Kampung Berseri Astra Karang Joang Balikpapan.
Walaupun memang lokasi kampung ini berada jauh dari kota, tapi mereka juga aktif membuka usaha tekstil kecil-kecilan di rumah masing-masing loh. Walau usahanya kecil-kecilan, tapi ternyata hasil yang mereka dapatkan sangat besar. Mereka memproduksi kain majun atau biasa dikenal dengan kain lap.

Dimana kain tersebut dijual ke perusahaan-perusahaan industri seperti Komatsu, dsb.

Di kampung sini terdapat sekitar 30 pengrajin kain majun. Harga yang dijual pun bervariatif mulai dari Rp3.000,- untuk berwarna dan Rp5.000,- yang putih.

Sekali dalam seminggu mereka harus menyetor hasil produksi mereka. Rata-rata satu pengrajin bisa menyelesaikan 15kg warna dan 5kg putih. Dimana, akan dikumpulkan dalam satu karung besar di Balai Pertemuan Bedeng. Sekarung bisa mencapai 50kg loh.

Kalo gini, jadi pengen kan punya mertua juragan majun haha :D


4. Fasilitas pendidikan buat anak-anak juga terperhatikan

Rumah Pintar dan Pusat Informasi Sahabat Anak menjadi tonggak pendidikan anak-anak di Kampung Berseri Astra ini.
Banyak buku-buku bacaan. Mulai dari buku pelajaran hingga buku dongeng yang edukatif.
Diskusi bareng seputar informasi rumah pintar oleh salah satu warga KBA.
Yang paling saya senangi di kampung sini, yakni fasilitas-fasilitas untuk pendidikan anak-anak begitu terperhatikan. Apalagi di era sekarang udah banyak fasilitas pendidikan yang mulai jarang diperhatikan, padahal pendidikan sangat penting bagi generasi sekarang.

Disini terdapat fasilitas Rumah Pintar dan Pusat Informasi Sahabat Anak. Ada banyak buku-buku bacaan, bahkan buku-buku dongeng hiburan juga lengkap. Sekarang mereka gak mesti jauh-jauh ke kota untuk mencari buku belajar.

Selain itu juga fasilitas komputer biar mereka dapat bersaing di tengah lajunya perkembangan teknologi dunia.

Gimana? tertarik buat mengintip Kampung Berseri Astra Balikpapan? yuk cobain menjelajah kampung yang inspiratif ini. Di ujung kampung terdapat pemandangan bonus buat kalian haha.

Jembatan Panjang DAS Manggar yang berada di ujung kampung ini. Jembatan ini berada di atas daerah aliran waduk manggar. Waduk ini merupakan salah satu pasokan kebutuhan air bersih dan minum bagi warga Kota Balikpapan.
View DAS Manggar
Semoga Kampung Berseri Astra menjadi inspirasi buat perusahaan-perusahaan lainnya untuk bisa ikut mencerdaskan dan memajukan perkampungan-perkampungan di Indonesia.

Bagaimana Cara ke Kampung Berseri Astra Karang Joang?

Dari pusat Kota Balikpapan, bisa ditempuh sekitar 20 menitan menggunakan kendaraan pribadi motor/mobil. Kalau mau lebih mudah dan praktis, bisa menggunakan transportasi online yang tersedia.

Atau untuk informasi lebih lanjut kalian bisa mengunjungi instagram kampung ini di @kba.balikpapan

#LFAAPABalikpapan