Showing posts with label Makassar. Show all posts
Showing posts with label Makassar. Show all posts
Menyusuri Wisata Pegunungan Karst Rammang-rammang Maros dengan perahu.


Beberapa waktu lalu sempat jalan-jalan di tempat wisata popular Makassar yakni Pulau Kodingareng Keke yang menawan. Nah di blog kali ini kita masih di seputaran Provinsi Sulawesi Selatan dan bakal ngeceritain pengalaman menyusuri Pegunungan Batu Kapur yakni Karst Rammang-rammang di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Objek wisata yang berada sekitar 30 menit dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ini merupakan salah satu tempat wisata populer bagi wisatawan lokal bahkan mancanegara yang sedang berliburan ke Kota Makassar.

Waktu itu bersama teman-teman sudah ngerencanain ini jauh-jauh hari buat ngexplore Rammang-rammang yang memiliki Karst terbesar ketiga di dunia. Dan akhirnya, saya bisa kesini juga untuk pertama kalinya nyentuh tempat wisata Karst Rammang-rammang ini. Walaupun sebenarnya sudah sering banget jalan-jalan ke Makassar.

Bagi kalian yang ingin kesini dan sedang solo travelling, sebaiknya sewa motor saja. Banyak sekali tempat penyewaan motor di Kota Makassar. Selain lebih praktis juga lebih murah, atau kamu juga bisa menggunakan kendaraan transportasi online seperti Go-Car/Grab melalui kota Makassar.

Saran nih buat kalian yang ingin merasakan suasana alam nya bisa kesini pada subuh hari, katanya sih viewnya cocok banget buat yang senang dengan potret sunrise atau matahari terbit di pegunungan karst rammang-rammang. Cuma sayang banget karna kemarin pada bangkong semua, mau ga mau kami berangkat agak siangan :(.

Sesampai di kawasan Rammang-Rammang yang lokasinya di sebelah kanan jalan poros Makassar - Maros terdapat sebuah gang yang menunjukkan arah ke rammang-rammang. Ga jauh dari jalan poros kamu bakal ketemu dengan gerbangnya. Atau tepatnya di Desa Salerang, Maros, Sulawesi Selatan.

Namun belum sampai nih, karna kamu mesti menyusuri sungai dengan kapal yang disewakan. Ada banyak kapal yang tersedia bagi para turis disini kok.

Sewa kapal (Pulang Pergi):
- 1 - 4 Orang sekitar Rp200.000,00
- 5 - 7 Orang sekitar Rp250.000,00
- 8 - 10 Orang sekitar Rp300.000,00
- Untuk yang liputan/wedding Rp350.000,00

Topi yang saya pake ini disewa hanya 15ribu rupiah saja. Penyewaanya berada di dermaga

Nah, karena cuaca disini terik banget kalo siang hari. Tersedia juga penyewaan topi cuma 15rb, murah kan. Tips juga nih bagi kalian yang datang di siang hari, sebaiknya pake pakaian tertutup jika pake kaos jangan lupa bawa sunblock, serta air minum yang cukup. Karena pastinya bakal panas dan kulit bisa terbakar.

Sambil menunggu kapal, disini kita disambut oleh masyarakat sekitar. Sempat juga bertemu dengan anak-anak sekolah yang tiap harinya ke sekolah naik perahu wah keren yah.

Kapal siap dan kami pun berangkatsss........

Wow keren banget, disepanjang perjalanan kita bakal ngelewatin hutan-hutan dan batu-batu di sungai. Juga pemandangan batu-batu karst yang tinggi dan kokoh, terlihat juga beberapa gua di karst tersebut.

Beberapa batu-batu yang bakal kalian temukan di sepanjang sungai.

Keren ga sih.....

Banyak juga wisatawan lokal yang kesini loh. Yakin kamu ga tau kesini?

Hamparan pegunungan karst jadi view yang menarik
Bebatuan bewarna hitam jadi sajian juga buat kalian yang berkunjung kesini

Dari kejauhan, wah menarik banget yak
Terlihat beberapa goa-goa kecil

Objek wisata ini lah yang merupakan salah satu objek wisata bersejarah dan jadi bukti peradaban manusia masa lalu. Maka dari itu, rammang-rammang ini perlu banget dijaga kelestariannya.

Setelah sekitar 20 menit menyusuri dengan kapal. Akhirnya sampai juga di tempat yang dituju. Tampak viewnya makin indah disini, ada banyak rumah-rumah berdiri. Duh jadi pengen bangun rumah disini deh wkk.

Bayangin lagi prewed disitu euy

Beberapa rumah di kawasan Karst Maros. Ternyata ada Bank Indonesia yang memberdayakan desa ini.

Bayangin rumah kamu disini hmmm


Tracking yang memuaskan

Makan ikan bakar, pake sambal terasi minumnya es teh duhhhhhhh
Aku nyaranin pake sepatu yak, disini batunya gede2 diinjak hehe.

Karena waktunya mepet karena sore udah harus balik ke Makassar dan rencana bakal camping di Trans Studio Mall Makassar, jadinya belum bisa mengexplore seluruh kawasan Pegunungan Batu Kapur Karst Rammang-rammang ini.

Buat kalian yang ingin liburan sambil belajar sejarah peradaban manusia dan tentunya tentang alam bisa datang kesini yak. Cocok buat ajak teman kamu, keluarga atau mantan kamu hahaha.

Sampai jumpa di cerita perjalanan selanjutnya.




Saran akses transportasi buat yang mau kesini

Sendirian
- Sewa motor (80rb -100rb/hari)
- Bensin (50rb udh Pulang Pergi)

Bareng Bubuhan 
- Sewa mobil (350rb)
- Bensin (150rb udh Pulang Pergi)

*Selanjutnya tinggal andalkan Google Maps untuk lokasi akuratnya. Perjalanan sekitar kurang lebih 1 jam dari pusat kota Makassar, tergantung macet atau tidak.
Gambar Pulau Kodingareng Keke, tuh ada pesan buat kamu yang kesini yah...

Kota Makassar, Sulawesi Selatan ternyata tidak hanya punya tempat wisata Pulau Samalona, Anjungan Pantai Losari, Pantai Akkarena ataupun Benteng Fort Rotterdam. Tapi juga menyimpan banyak sekali tempat wisata yang keren banget. Salah satunya tempat wisata populer yakni Pulau Kodingareng Keke. Surga tersembunyi di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Tarif ke Pulau Kodingareng Keke ini sebenarnya gratis. Hanya saja, untuk menuju kesana mesti menyewa sebuah kapal nelayan.

Perjalanan bisa kita mulai dari Dermaga Pelabuhan Paotere sekitar 15 menit dari kota. Dari Paotere kita bisa menggunakan kapal yang tersedia untuk menuju ke pulau tersebut. Saran sih mending rombongan bareng teman biar lebih hemat. Untuk sewa per kapalnya kisaran dari 500rb hingga 700rban.

Perjalanan sekitar 1 jam, dan kita akan melewati kapal-kapal nelayan, melihat pemandangan megahnya kota Makassar dari arah laut.


Kapal-kapal tua yang udah ga dipake, mungkin ada yang mau kiloin?

Banyak nih kapal nelayan di tengah laut di sepanjang perjalanan menuju Kodingareng Keke.

Objek wisata Pulau Kodingareng Keke ini memiliki ukuran yang kecil loh, maka dari itu pulau ini jadi salah satu pulau tidak berpenghuni. Ya walaupun begitu, kadang beberapa orang terlihat di Pulau ini sedang menjajakan jualan makanan. Namun mereka datang dari pulau sebelahnya.

Pulau Kodingareng Keke serasa milik pulau pribadi deh...

Perpaduan gradasi warna laut biru tosca dan biru tua bikin mata hanyut melihatnya huhuhu. Pasir nya pun putih banget kayak bedak. Terdapat juga menara seperti menara mercusuar tinggi, pas banget buat yang ingin melihat keindahan pulau ini dari atas.



Hmmm cocok nih yang mau bawa pasangan kamu hiiiihhi

Jangan heran disini kamu bakal ketemu dengan kucing-kucing lucu yang gak tau dari mana asalnya.

Spot diving juga cocok banget. tapi sayang kesempatan kali ini ga sempat buat nyicipin keindahan bawah lautnya. Ya semoga selanjutnya bisa kesini lagi deh. Katanya sih di bawah laut kawasan Kodingareng Keke ini memiliki spot diving yang keren dan beda dari spot diving lainnya. Terdapat patung-patung romawi.

Nih view Kodingareng Keke




Teman-teman dari Nabire, Papua (Kiri, Kanan) dan Balikpapan (Tengah)

Cissss kacang buncissssss

Yakin? ga mau kesini bareng bubuhan. Bawa hammock makin seru nih.

Bersama teman-teman dari berbeda daerah mulai dari Sumatera hingga Papua.

Sayang tempat sebagus ini masih saja kotor entah sampah kiriman atau dari mana, yg penting kalian mesti tetap jaga kebersihan sekitar yah.


Gradasi warna laut yang bikin mata hanyut nih.
Duh, pasir putihnya keren banget. Jadi pengen tidur-tiduran nih.

Dermaga di Pulau Kodingareng Keke



(Drone: @hadicam85)


Gimana? jadi kepengen kan hahahaha... yuk cus jadi menu wajib nih buat kalian yang ngerencanain berwisata di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Sampai jumpa di cerita perjalanan selanjutnya? kira-kira ada rekomendasi buat perjalanan selanjutnya?
Berkuda di Kebun Teh Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan


Perjalanan saya akhirnya selesai di Kebun Teh Malino. Salah satu tempat wisata di Sulawesi Selatan yang udah gak asing lagi nih buat para traveller/wisatawan yang berkunjung ke Kota Makassar. Sekitar dua jam setengah dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Lokasinya berada di Pattapang, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Berada di dataran tinggi, kawasan Kebun Teh Malino Highland ini menjadi tempat wajib buat kalian datangin loh. Karena, disinilah kalian bisa melihat pemandangan dataran tinggi dan pegunungan yang berjejer cantik dan super indah banget. Untuk masuk ke tempat wisata ini kalian cuma perlu ngeluarin duit tiket masuk kebun teh malino sebesar Rp50.000,- per orang.

Nih view di Malino Highland, seger-seger loh


Sejuk banget deh

Pemandangan kebun teh dan cafe di puncak.

Bayangin kalian mengendarai kendaraan bareng keluarga, teman, selingkuhan di Malino Highland

Rp50.000,- dapat view keren gitu yah lumayan, tapi masa cuma dapat gitu doank? eitsss jangan salah, di sini kalian juga bisa ngedapatin berbagai hal yang bikin kalian susah buat move on loh.

Apa aja yang kalian dapatkan di Kebun Teh Malino Highland? yuk simak!

1. Berkuda Sambil Menikmati Kesejukan dan Ketentraman di Kebun Teh

Wajib buat dicoba nih bosku. Asik deh pokoknya.

Gimana, udah mirip kayak pangeran berkuda? wkwk

2. Menyapa Domba Serasa di Kartun Shaun The Sheep

Cieeee tekurung wkwk

Serasa kayak di film kartun Shaun the Sheep yah


3. Belajar Memetik Teh

Mari memetik daun teh

Sok candid dulu deh

4. Nyicip Teh di Kebun Teh

Belum pernah ngerasain minum teh langsung di kebun tehnya? kalo belum, wajib buat nyoba disini nih. Dijamin rasa dan sensasi nya jauh lebih nikmat di kebun dibanding minum teh di rumah. Untuk minum tehnya kalian bakal ngenikmatin di cafe puncak. Ga cuma teh aja tapi juga ada menu minuman jus lainnya disini. Serta menu makanan ringan hingga yang berat.

Green Tea, nikmat banget minum teh di kebun teh

5. Ada Kebun Binatangnya Juga Loh

Selain kebun teh, di sini ada juga loh taman kebun binatang malino highland. Berbagai satwa mulai dari burung, bebek, owa-owa, hingga buaya berada di sini.

Tebak burung apa hayoo yang di dalam sangkar

Malu-malu nih

Buaya darat lagi ngapain yah

Bebeknya narsis minta difoto

6. Melihat Taman Bunga Malino

Ada banyak banget bunga bermekaran di Taman Bunga Malino Highland. Ragam jenis bunga terdapat disini mulai dari bunga Lavender hingga bunga Mawar. Bahkan ada bunga yang langsung didatangkan dari Benua Eropa loh.

Berbagai bunga dipajang di sini bukan untuk dijual. Melainkan hanya untuk pajangan dan daya tarik wisatawan yang berkunjung ke taman bunga malino highland. Jadi, jangan tanyakan harga bunga disini yah.

Bunganya indah banget, ada yang mau?

Yang ini lupa namanya apa? tapi keren sih

Wah dapat bunga gratisan nih, tapi kasih ke siapa yah? maklum jomlohh
Jadi gimana? tertarik kan buat datang ke tempat wisata Kebun Teh Malino Highland di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Cocok buat kamu yang pengen berliburan edukatif bersama keluarga tercinta. So, sampai jumpa di perjalanan selanjutnya....


#ExploreMalino
#ExploreSulawesiSelatan
#TakenWithLumix
#LumixIndonesia
#LibertyToDiscover