Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Thursday, January 3, 2019

Sebelum ke Toraja, Perhatikan 5 Pertanyaan Ini!

Toraja, Dibalik Indahnya Alam Tersimpan Tradisi Budaya yang Masih Kental. Wajib Masuk di List Travelling Kalian.
Toraja, salah satu daerah yang punya keindahan alam yang menakjubkan. Siapa sangka dibalik keindahan alam nya, Toraja masih memiliki tradisi dan budaya yang masih kental dan banyak dibicarakan oleh berbagai orang di belahan dunia manapun.

Toraja terbagi menjadi dua yakni Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara.

Salah satu tradisi yang paling dicari-cari oleh wisatawan lokal bahkan mancanegara adalah Rambu Solo dan Ma'Nene.

Untuk menuju ke Toraja, bisa menggunakan pesawat dengan rute menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar lalu melanjutkan perjalanan darat bus mulai dari 110rb rupiah tergantung jenis busnya. Durasi perjalanan 8-9 jam. Tenang, busnya nyaman kok tapi yah sediakan lah kantung plastik karena jalanan disana lumayan berkelok-kelok.

Namun, sebelum saya ulas tentang wisata dan tradisi di Toraja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum ke Toraja, Sulawesi Selatan.


1. Itinerary, Hmmm perlu gak yah?

Sesungguhnya perjalanan ini udah ditata dari jauh-jauh hari. Tapi ternyata ada beberapa perjalanan di luar rencana seperti diajak buat eksplore daerah Kapitoo ini bareng dua backpacker asal Hungaria dan Argentina.
Sebenarnya itinerary perlu banget bagi para traveller buat bikin perjalanan kalian jadi lebih teratur dan disiplin. Tapi, bukan berarti itinerary mesti kalian selalu ikutin. Karena, kita gak tau selama di perjalanan ada hal apa yang bikin rencana perjalanan kita jadi berantakan atau malah jadi lebih berkesan.

Salah satu pengalaman waktu di Toraja kemarin, saya bersama teman @candrawnt udah nyiapin list perjalanan dari jau-jauh hari. Eh tau-tau harus berantakan sebelumnya karna kami berangkat dengan menggunakan kapal yang delay hingga 15 jam lamanya. Walaupun memang perjalanan kapal adalah hal biasa delaynya.

Selain itu, saya juga diajak oleh pemilik tempat penginapan kami untuk trekking kecil-kecilan di salah satu tempat yang keren dan tanpa rencana. Padahal, saya udah merencanakan destinasi yang harus dituju. Tapi, dari sebuah ajakan ringan tersebut saya malah menjadi dapat sebuah pengalaman berkesan disini.


2. Mau tidur dimana selama di Toraja?
Sesean Bed n Breakfast di Rantepao tempat saya menginap selama di Toraja
Ada banyak banget sebenarnya penginapan di Toraja. Mulai dari high cost hingga low cost dengan fasilitas masing-masingnya. Kalo saya sih lebih suka tidur di penginapan yang bisa sering ketemu sama pemiliknya dibandingkan tidur di penginapan mewah yang tidak memungkinkan terjadinya interaksi dengan warga lokal.

Atau kalau mau lebih murah lagi dan kalian tahan dengan dingin, bisa loh nyobain menginap di Lolai atau negeri di atas awan. Kamu bisa membawa tenda sendiri dengan membayar sekitar 50rban sebagai tarif kebersihan atau juga bisa menyewa tenda yang udah disiapin disana yang disewakan mulai dari 100rb s.d 300rban.

Tapi buat yang pengen di kota saja, aku sih nyaranin di Sesean Bed n Breakfast tempat penginapan saya kemarin di Jalan Sadan yang gak jauh dari pusat pertokoan Rantepao dan terminal Bolu. Kalian bisa booking di

Sesean Bed n Breakfast (Booking)
Sesean Bed n Breakfast (PegiPegi)

Selain karna penginapannya murah dan fasilitas memadai, juga pemiliknya friendly banget. Mba Ela, yang udah ngasih banyak bantuan selama di Toraja. Beliau yang juga udah ngasih tempat-tempat rekomendasi  yang mesti dikunjungin. Sampai diajak chrismast dinner yang kebetulan waktu itu memang kita datang diwaktu natal.

Jadi serasa tidur di rumah sendiri yakkk...


3. Selama di Toraja, Enaknya Pake Transportasi Apa?
Pake motor lebih seru buat ngejelajahin Toraja.
Ada banyak banget transportasi pilihan buat kalian yang ingin eksplore tempat wisata di Toraja. Tapi saya sarankan sih lebih seru pake motor. Nah, kebetulan banget tuh Mba Ela juga nyediakan penyewaan motor yang murah.

Tapi ingat, jaga selalu kendaraan yang kalian sewa. Kunci tuh yang paling penting, karna kemarin sempet ilangin kunci motor sewaan hehehe. Kronologinya berawal dari keinginan hemat bensin dari puncak tertinggi Lolai. Karna jalanan menurun, jadi matikan mesin tapi kunci tetap lengket di motor. Pas udah sampe di pertengahan jalan, baru nyadar kuncinya lepas dan jatuh gak tau kemana.

Dan untungnya, ada warga yang mau ngebantu buat sambung kontak buat nyalakan mesin motor. Dan setelah itu barulah ke duplikat kunci yang ternyata cuma ada satu-satunya di Toraja, Sulawesi Selatan.

Jangan takut tersesat, karna semur destinasi bisa di tracking dengan google maps. Atau jangan malu bertanya kepada warga.

4. Wah, Kulineran Dimana Yah Selama di Toraja?
Sebenarnya gampang banget sih nyari tempat makanan di Toraja terutama buat kalian yang mencari masakan halal. Karena penduduk disini memang mayoritas non muslim, jadi hampir seluruh sudut kota menawarkan kuliner daging babi dengan macam olahan seperti sate, bakso, dll.

Untuk masakan halal bisa kalian temui dimana-mana, mulai dari Pertokoan Rantepao, Lapangan Bakti atau dekat Terminal Bolu juga ada. Dan pastikan sebelum makan untuk bertanya yah.

Harga makanan di Toraja yah lumayan sih, mulai dari 20rb hingga 30rban sekali makan. Jadi siapin budget kalian juga buat konsumsi selama perjalanan, kalo mau low cost sering-sering puasa aja yak wkkk.


5. Pengen hangout ala Anak-anak Muda Toraja, Dimana yah?


Waduh ini mah banyak banget cafe-cafe anak muda Toraja mulai dari kana coffe, aras coffe hingga letter el coffe yang berada di daerah pertokoan Rantepao.

Tapi, dari seluruh tempat nongkrong yang udah kita sambangi, cafe favorit saya jatuh kepada Kapitoo dengan view perbukitan dan nikmatin kopi di atas awan bener-bener bikin susah buat move on dari cafe ini. Terimakasih sebelumnya buat Mba Ela, selaku pemilik penginapan Sesean Bed N Breakfast yang udah ngasih kita banyak sekali tempat-tempat rekomendasi selama di Toraja.






Gimana cuy? udah siap gak buat mengeksplore Toraja, Sulawesi Selatan? Jangan lupa buat ajak teman-teman kalian buat ngenikmatin indahnya Toraja bareng-bareng. Karna, kalo ngenikmatinnya sendiri sadis broooo...

Selanjutnya, saya bakal share tempat-tempat yang mesti kalian kunjungin selama di Toraja. Ulasan di rangkum oleh tim @ceritakan.nusantara

Team Up:
Videographer selama di Toraja: @_hellorizal
Photographer selama di Toraja: @candrawnt


8 comments:

  1. Salah satu wishlishku nih. Mudah-mudahan dapat terwujud tahun ini. Penasaran sejak dulu baca artikel pertama tentang Toraja di majalah Bobo hahaha.

    @omnduut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mas, kalo orang bilang. Gak legkip travellingnya kalo gak liat tradisi dan budaya Toraja. Alamnya pun memikat hati

      Delete
  2. tsadisss.. Saya siap sedia ke Toraja.
    Tapi nunggu wisuda dulu. wkwkwkwk
    Nasib nasib

    ReplyDelete
  3. Kalau dengar kata Toraja, pasti teringat dengan kopi. Mantap, jadi pengen explore terutama tempat nongkrong anak mudanya :) Salam kenal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaa wajib banget ngerasain kopi Toraja langsung di cafe2 di kotanya

      Delete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages