Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday, February 3, 2019

Intip 7 Destinasi Pilihan di Toraja, Yakin Gak Mau Kesini?

Toraja, alam dan budaya yang mempesona
Toraja, siapa sih yang tidak mengenal kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan ini? Alamnya yang indah dan asri ternyata masih menyimpan warisan tradisi budaya dari leluhurnya. Mulai dari ritual upacara kematian, situs pemakaman, dan masih banyak lainnya.Jadi masih ragu buat memasukkan Toraja di list travelling kalian tahun ini? Nah, berikut adalah 7 destinasi yang mesti kamu singgahi ketika ke toraja. Jadi, jangan bingung dulu yah


1. Londa

Londa, adalah situs pekuburan batu di Toraja. Disinilah kita bisa melihat tradisi pekuburan batu para leluhur dan keturunannya. Terdapat tulang belulang dan tengkorak yang disimpan di sebuah peti. Serta juga patung tau-tau yang disimpan di pinggir batu-batu dinding.Kalian juga bisa loh menyusuri goa di Londa, tapi kamu harus menyewa lampu yang disediakan disana kalau tidak mau gelap-gelapan. Tenang, disana ada guide lokal yang siap menemani kamu menyusuri goa ini. Di dalam goa terdapat juga tulang belulang, kuburan dengan sejarahnya masing-masing.
Foto Londa
View Londa dari gerbang masuk
Patung Tau-tau. Menandakan bahwa siapa-siapa yang dimakamkan di Londa dan juga menandakan bahwa mendiang memiliki kasta yang tinggi
Guide lokal yang ternyata pernah lama tinggal di Balikpapan. Tarif guide sukarela, sewa lampu 50rb. 
Tengkorak di goa yang terdapat di Londa

2. Kampung Lolai, Negeri di Atas Awan

Jangan lupa juga ke Kampung Lolai. Disini kamu bisa melihat hamparan persawahan hingga rumah-rumah tongkonan milik warga.Biasanya wisatawan memenuhi Lolai ini di pagi hari karna Kampung Lolai ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit. Dan jika beruntung kalian juga bisa menyaksikan awan yang menggumpal menutup pemandangan kota. Itulah yang membuat kampung lolai ini dikenal dengan nama Negeri di Atas Awan.

Foto Lolai
Menyaksikan sunrise di Lolai. Sayang waktu kesini tidal seberuntung dengan netizen-netizen lainnya. Biasanya pagi hari, awan menggumpal di Lolai

Ternyata di balik Lolai, menyimpan pemandangan sawah yang bikin mata meleleh
3. Nikmatin Alam yang Indah dan Masih Asri di Batutumonga
Selain Lolai ada juga Batutumonga, disini kamu juga bisa menikmati alam yang sangat indah dan bikin hati makin tenang. Sebuah desa yang berada di Toraja Utara ini juga tidak kalah dengan Lolai. Bedanya, Batutumonga tidak seramai dengan Lolai. Selama perjalanan kalian juga melewati beberapa objek wisata seperti Pana, dll.


Foto Batutumonga

Sunrise di Batutumonga
Nyaksiin view gini tiap pagi bikin pikiran plong 
Warlok (Warga Lokal)

4. Mengintip Batu Menhir di Kalimbuang Bori
Ternyata ada warisan megalitikum yang masih terjaga, yap Kalimbuang Bori. Bebatuan yang unik dan tinggi ini tersusun sangat rapi. Selain itu juga terdapat batu-batu lainnya yang berukuran besar juga sebagai tempat makam masyarakat toraja. Di Belakang kawasan objek wisata kalimbuang bori juga terdapat baby grave dan tongkonan unik.

Foto Kalimbuang Bori

Kalimbuang Bori


5. Kete Kesu
Siapa yang tidak mengenal Kete Kesu, salah satu objek wisata yang sudah gak asing lagi oleh wisatawan yang berkunjung ke Toraja. Disini terdapat rumah tongkonan yang berjejer dengan rapi. Serta kuburan yang menyimpan banyak tulang-belulang para leluhur. Disana juga tersimpan patung tau-tau. Di Kete kesu kalian juga bisa belanja oleh-oleh khas Toraja mulai dari kain ikat kepala, gelang, kalung, miniatur patung tau-tau bahkan juga mencicipi kopi Toraja.


Desa Adat Kete Kesu


6. Buntu Burake
Ini bukan di Brazil, tapi Patung Yesus ini ada di Toraja. Yap, di Toraja kamu juga bisa melihat patung tersebut tepatnya di Bukit Buntu Burake, Tana Toraja. Patung Yesus ini salah satu objek wisata yang juga jadi andalan para turis. Disini kamu bisa melihat pemandangan Makale dari ketinggian. 
Nah, kalo kamu juga berani bisa tuh nyobain berdiri di atas lantai kaca di Buntu Burake.


Foto Buntu Burake
Patung Yesus Buntu Burake
Perbukitan di Buntu Burake

7. Tilanga
Tilanga Pool, kolam yang satu ini juga bisa jadi destinasi liburan kamu di Toraja. Kalian bisa juga melihat belut purba yang berukuran besar di Tilanga Pool. Caranya kamu bisa membayar pawangnya yang merupakan anak-anak kecil disana dengan memberi tip dan membeli telur. Di belakang kolam tilanga terdapat gua yang konon memiliki cerita legenda tentang anak dan ibu yang terjatuh terkena batu. Tilanga masih digunakan sebagai tempat ritual oleh masyarakat Toraja.Gimana, sudah tahu destinasi mana yang bakal kamu tuju ketika di Toraja? Tentunya masih banyak lagi destinasi yang bisa kamu datangin ke Toraja.


Tilanga, terdapat belut purba disini. Konon masih digunakan sebagai tempat para masyarakat melakukan ritual

Nah, Bagaimana? masih ragu buat jelajahi Toraja?

Jangan lupa tetap jaga sopan santun kalian ketika mengunjungi wisata alam dan budaya yang ada di Toraja yaaa. Selamat berlibur dan selamat menikmati Toraja.

Buat persiapan sebelum ke Toraja bisa dibaca di artikel yang saya ulas sebelumnya, klik disini

3 comments:

  1. wahhh keren-keren banget tempat wisata di Toraja mas bro

    ReplyDelete
  2. oh ternyata mayat yang dipakaikan baju lengkap itu namanya Londa. makasih mas..

    ReplyDelete
  3. Wah.... Buat Apa Jauh-jauh keluar negeri, ternyata tempat eksotis banyak juga di tanah air tercinta ini. Terimakasih banyak kepada publisher blog ini, yang telah mengangkat wisata indonesia. Semoga blog ini semakin maju.


    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages