Showing posts with label other. Show all posts
Showing posts with label other. Show all posts
Ibu Kadinah memegang belimbing madu di kebunnya.
Siapa sangka belimbing ini ternyata bukanlah mainan ataupun aksesoris penghias halaman rumah. Ternyata, buah belimbing yang berukuran jumbo ini yang dikenal dengan nama Belimbing Madu sudah menjadi tanaman khas yang memenuhi halaman rumah para warga di Kampung Berseri Astra Giri Rejo, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pak Suko adalah salah satu warga KBA yang berusia 34 tahun ini, telah menanam buah belimbing madu sejak 8 tahun yang lalu. Beliau membawa bibit buah belimbing madu ini dari pulau jawa tepatnya di Karangsari, Blitar, Jawa Timur. Oleh karena itu, lokasi budidaya belimbing madunya seringkali menjadi percontohan warga. Kini beliau telah memiliki sekitar 50 pohon belimbing madu.

Keistimewaan buah belimbing madu ini, buahnya bukanlah buah musiman. Jadi, kalian tidak perlu menunggu waktu yang lama dan musimnya untuk ingin mencicipi buah ini. Sekilonya, harga belimbing madu ini dijual mulai dari 35ribu rupiah.

Khusus di Kampung Berseri Astra Balikpapan, kalian bisa loh mencicipi buah tersebut di kebunnya dan memetik langsung dari pohonnya. Khasiat buah belimbing madu ini salah satunya adalah menurunkan tensi bagi belimbing yang berwarna hijau. Cara penyajian bisa di blender ataupun dimakan langsung.

Buah belimbing madu yang di okulasi dengan belimbing lokal ini, proses budidayanya ternyata tidak mudah. Pak Suko, tidak ingin merawat tanaman belimbing madunya dengan menggunakan pupuk-pupuk kimia yang katanya punya resiko bagi tanamannya. Beliau lebih memilih menggunakan pupuk kandang dari kambing, dsb.

Pak Suko, memegang belimbing madu yang masih kecil. Dan akan ditutup dengan sebuah plastik untuk menghindari hama lalat buah
Buah belimbing madu yang masih kecil dan berwarna hijau sudah ia tutupi dengan plastik bening satu per satu guna menghindari hama lalat buah. Lalat buah yang mengganggu tersebut bisa membuât belimbing madu mengalami pembusukan di bagian dalamnya.

Hasil panen buah milik Pak Suko ini biasanya dijual langsung ke lapak pinggir jalan yang berada di KM. 19 Balikpapan - Samarinda oleh adiknya. Sebenarnya udah banyak sekali berbagai perusahaan supermarket modern dan kios-kios buah di kota yang menawarkan kerjasama. Namun, karna jumlah produksi yang masih rendah membuat pak Suko tidak mampu untuk menerima tawaran tersebut.

Kehadiran PT. Astra International Tbk di kampung ini telah memberikan manfaat buat warga di kampung yang berada dekat dengan kawasan jalan tol Balikpapan-Samarinda ini. Bahkan, pak Suko juga bisa bernafas lega karena dengan adanya bantuan 500 bibit ke warga setidaknya memberikan harapan akan jumlah produksi belimbing madu di kampung ini menjadi lebih tinggi.

Hasil petik belimbing madu di kebun Pak Suko di Kampung Berseri Astra Balikpapan.
Pak Suko juga berharap setelah adanya pemberian bantuan bibit ini bisa meningkatkan produksi yang ada di kampung ini serta memberikan potensi kawasan agrowisata baru di Kampung Giri Rejo.

Dia juga berharap agar ke depan mereka bersama teman-teman petani belimbing madu bisa membuat produksi olahan baru dari buah ini. Seperti camilan keripik, dodol, dll.

Kini kita bisa menemukan buah belimbing madu ini dengan mudah di Kampung Giri Rejo Km.13 Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara.

Bagaimana, tertarik menikmati buah belimbing madu yang manis ini? Yuk langsung ke kebunnya dan nikmatilah!

#KitaSATUIndonesia
#SemangatKampungIndonesia

Berikut video cuplikan highlight kebun belimbing madu di KBA Balikpapan


Pak Alex, Pemilik UKM Rotan di KBA Makassar Rappocini.
Siapa bilang bisnis beromzet jutaan rupiah harus punya pabrik atau tempat yang luas?

Pak Alex, pria yang berusia sekitar 50 tahun ini telah membuktikan bahwa gak mesti punya tempat besar untuk menghasilkan sebuah karya yang bernilai rupiah.

Sepintas jika kita melewati sebuah lorong kecil di Rappocini, yang kini telah menjadi pilihan Kampung Berseri Astra Makassar ini terlihat sebuah rumah sederhana tapi beromzet jutaan rupiah. Terpampang tulisan UKM Rotan di atas pintu rumah pak Alex yang berada di RT.2 RW.4 Kelurahan Rappocini.

Rumah pak Alex yang digunakan sebagai tempat usaha kerajinan rotan.
Di kejauhan memang terlihat segerombolan kursi dari kayu rotan bergelantungan di loteng rumah beliau. Pak Alex memulai usaha kerajinan rotan ini mulai tahun 1985 hingga sekarang. Dari tangannya, beliau bisa menghasilkan berbagai macam produk kerajinan mulai dari kursi, tempat buah parsel, hingga tirai penutup.

Dalam sehari, beliau bisa menghasilkan puluhan produk kerajinan rotan. Beliau mengerjakan usahanya, dibantu oleh 4 karyawan yang berasal dari pihak keluarga dan bahkan ia merekrut pekerja dari luar. Karena tempat produksi kerajinan yang begitu sempit dan berada di loteng dengan akses tangga yang masih belum permanen, biasanya beliau membiarkan para pekerja melakukan tugasnya di rumah masing-masing.

Rotan yang digunakan oleh pak Alex dalam membuat kerajinan ini adalah rotan Batang dan rotan Tohiti. Biasanya beliau membeli rotan tersebut di kawasan jalan tol. Harganya pun bervariatif berdasarkan ukuran rotan.


Pak Alex sedang bekerja di loteng rumahnya yang tidak begitu luas.

Tangga kayu yang digunakan sebagai akses menuju loteng rumah.

Hasil produksi kerajinan rotan milik pak Alex di pasarkan ke toko-toko furnitur dan pasar buah yang ada di kota Makassar. Bahkan hasil produksi pak Alex juga dijual hingga ke luar pulau. Namun, tidak sedikit juga banyak para peminat yang langsung memesan ke pak Alex.

Kehadiran PT. Astra International Tbk di kampung ini ternyata telah memberikan semangat baru bagi pak Alex untuk terus maju dalam usaha yang dimilikinya. Di tahun 2016, UKM Rotan milik beliau telah diperhatikan oleh Astra. Berbagai bantuan telah ia dapatkan seperti bantuan tunai hingga renovasi tempat usahanya.

Bagi pak Alex, bantuan ini dirasa sudah sangat membantu kelancaran usaha kerajinan rotannya. Namun, kini ia masih berharap akan bantuan kembali untuk melengkapi kekurangan yang masih ada.

Semangat Pak Alex tentu adalah motivasi semangat bagi kita semua. Beliau adalah satu dari sekian banyak orang di kampung-kampung yang ada di Indonesia, yang bisa menginspirasi kita dalam maju untuk berusaha. Dari tangan kreatifnya beliau menitipkan pesan agar anak muda Indonesia bisa terus berkarya seperti dirinya.

Sukses buat pak Alex.

Salah satu produk kerajinan rotan milik pak Alex.


#KitaSATUIndonesia
#SemangatKampungIndonesia

Berikut adalah video highlight UKM Rotan Kampung Berseri Astra Makassar di Rappocini




Edu Trip Bareng Citizen Journalist Academy di Pertamina Balikpapan.
Jam menunjukkan pukul 08.10 dan artinya 20 menit lagi bakal terlambat buat ke TBBM Pertamina RU V Balikpapan. Mau ndak mau harus membagi waktu 5 menit buat mandi dan 10 menit buat otw.

Dan akhirnya…. Sampai di tujuan walau agak telat. Tapi ternyata, keterlambatan saya gak berbuah petaka karena masih sedang menunggu koordinator dari Pertamina yang ternyata udah siap di tempat lain. Artinya rombongan kami (CJA) salah tempat buat Muster Point.

Setiba di kantor yang sebenarnya tempat yang dituju, beberapa oil engineer memberikan sedikit edukasi tentang TBBM dan Depot LPG yang merupakan tempat yang bakal kami singgahi di Pertamina Balikpapan ini. Beberapa pembahasan tentang produk Pertamina juga di bahas seperti Bright Gas.

Tak lama setelah pemberian materi edukasi, saya dan rombongan bersiap-siap menggunakan APD/PPE sebelum mengunjungi lokasi unit operasi TBBM dan Depot LPG. Mulai dari Safety Helmet, Rompi Visitor, hingga Sepatu Safety guna memberikan keselamatan bagi kami ketika berada di lokasi beresiko tersebut.

Handphone juga disimpan di kantor namun kamera tetap boleh dibawa asal tidak menggunakan flash kamera. Penggunaan flash kamera dapat memicu terjadinya percikan api.

Penggunaan Kamera Diperbolehkan Asal Tak Menggunakan Flash.
Unit Operasi TBBM Pertamina Balikpapan
Salah satu fasilitas pompa di TBBM Balikpapan. 

TBBM Balikpapan sendiri merupakan Terminal BBM yang akan mengisi BBM ke mobil-mobil tangki yang mana akan didistribusikan ke berbagai lembaga penyaluran seperti SPBU dan sejenisnya.

Edukasi di Unit Operasi Bersama Oil Engineer
Oil Engineer memberikan edukasi langsung di lokasi unit operasi Depot LPG. Kawan-kawan CJA juga menyimak setiap informasi yang diberikan, karena akan menjadi tugas teman-teman CJA untuk membuat artikel di liputan 6.



Lokasi di Depot LPG
Depot LPG di Pertamina Balikpapan ini berdiri sejak 1993, merupakan tempat penimbunan dan pengisian gas LPG yang akan didistribusikan nantinya ke berbagai daerah di Kalimantan Timur maupun Utara.

Citizen Journalist Academy Balikpapan - Tim Penulis, Videogrepe dan Public Relation
Dengan kunjungan CJA Balikpapan ke Pertamina Balikpapan merupakan kesempatan buat mengenal dan menceritakan tentang Pertamina ke masyarakat luas khususnya generasi Millenial melalui karya tulisan maupun video.

Selain itu juga mengajak masyarakat untuk peduli akan pentingnya hemat energi dari sekarang dan dari diri sendiri untuk kehidupan hari ini dan yang akan datang.

Tonton keseruan kami di video ini ... check it out !!!



#EnergiMudaBalikpapan
#EnergiMudaPertamina

Mematikan Peralatan Elektronik yang Tak Terpakai Merupakan Salah Satu Bentuk Konservasi Energi. (foto: dok. pribadi)

Perlahan-lahan dari waktu ke waktu, bahan bakar fosil akan habis pada masanya. Kita hanya tinggal menunggu waktunya saja. Namun, apakah dengan begitu kita bisa menyelesaikan masalah ini? Terus bagaimana nasib anak dan cucu kita kelak. Kasian kan, anak dan cucu kita tidak bisa belajar lagi di dalam rumah karena gak ada penerangan yang cukup bahkan mereka gak bisa lagi merasakan manfaat energi ini.

Seperti kalian ketahui pada cerita saya sebelumnya, bahwa energi fosil merupakan energi tak terbarukan. Jadi, penggunaan energi berbahan bakar fosil ini bener-bener harus kita kendalikan dari sekarang dimulai dari diri sendiri hingga mengajak keluarga, kerabat serta tetangga sekitar. Kita sering sekali mendengar berita tentang kelangkaan BBM bahkan LPG di berbagai daerah. Dan itu semua tentunya ada faktor penyebab. Salah satunya adalah karena ketersediaan energi berbahan bakar fosil yang sudah mulai menipis.

Di era zaman sekarang yg udah canggih banget, kebutuhan energi semakin tinggi loh bosku. Bayangkan aja sekarang, setiap orang pasti memiliki peralatan elektronik yang tentunya membutuhkan energi listrik dalam penggunaannya. Selain itu, penggunaan kendaraan pribadi berbahan bakar fosil pun juga sangat sulit ditekan.

Sebenarnya, kasus di atas bisa banget loh kita kendalikan dan kita atasi. Salah satunya adalah beralih ke energi alternatif yakni sumber energi terbarukan, namun pastinya tidak instan dan butuh proses yang agak panjang untuk memanfaatkan sumber energi tersebut. Nah, sambil butuh proses itulah Indonesia sudah mengeluarkan berbagai program buat mengingatkan masyarakat Indonesia untuk tetap melakukan Konservasi Energi atau biasa disebut dengan hemat energi.

Hemat energi bukan berarti pelit-pelit energi loh ya bosku hahaha. Tapi adalah tindakan mengurangi jumlah pemakaian energi. Tindakan tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan energi secara efisien. Misalkan nih, melepas charger handphone yang sedang tidak terpakai.

Pada hari kedua #15HariCeritaEnergi kali ini, saya bakal memberikan 4 tips konservasi energi versi rizaladventurous bagi kalian semua bosku. Yuk simak bosku:

1. Penggunaan Lampu Hemat Energi

Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat membutuhkan penerangan dalam beraktivitas. Ya gak, masa iya kita masak, baca buku dalam kondisi gelap-gelapan hehehe. Tentunya untuk mendapatkan penerangan tersebut kita membutuhkan adanya lampu. Nah, di era sekarang ini kita sudah bisa mendapatkan lampu LED yang dijual di pasaran. Penggunaan lampu LED ini hemat energi loh. Dengan lampu tersebut, pemakaian daya listrik akan lebih sedikit ketimbang kita masih menggunakan lampu biasa. Walau harganya lebih mahal ketimbang lampu biasa, namun jika dihitung secara jangka panjang justru lebih menguntungkan dan bermanfaat dari lampu biasa.

2. Matikan Listrik yang tidak terpakai

Kita seringkali keluar rumah lupa mematikan peralatan elektronik yang masih tersambung dengan arus listrik, seperti charger handphone, laptop maupun penggunaan televisi. Bahkan, kita pun pernah lupa mematikan lampu kamar. Hal sepele tersebut sebenarnya merupakan pemborosan loh. Walau charger ataupun peralatan elektronik yang tidak dipakai masih dalam keadaan tersambung listrik, namun listrik tersebut masih akan mengeluarkan arus. Untuk itu, yuk kita matikan peralatan listrik yang tak terpakai. Karena, selain boros energi juga bisa beresiko kepada hal-hal yang lain.

3. Desain Rumah Hemat Energi

Nah, bagi kalian yang sedang merencanakan membangun rumah yuk desain rumah kalian yang hemat energi. Rumah yang hemat energi disini maksudnya adalah rumah yang tidak terlalu bergantung kepada energi. Contohnya, desain rumah yang agak lebih terbuka. Sehingga cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah dengan baik. Dan akhirnya, rumah pun gak terlalu bergantung dengan lampu.

Bagi kalian juga yang udah terlanjur membangun rumah, kalian tetap bisa kok membuat rumah kalian menjadi hemat energi. Salah satunya adalah pemanfaatan ventilasi dan jendela rumah. Biasakan jendela rumah untuk terbuka pada siang hari agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah, sehingga penggunaan cahaya lampu bisa diminimalisir.

Kemudian menanam pohon atau tanaman di sekitar rumah juga bisa alternatif bagi kalian agar rumah menjadi terasa lebih segar. Karena dengan itu, rumah kalian akan memberikan rasa sejuk dan kini tidak perlu lagi bergantung pada kipas angin ataupun AC.

4. Kurangin Penggunaan Peralatan Yang Menggunakan Listrik

Emang sih yah zaman sekarang udah modern banget, semua serba ada dan gak perlu lagi ngerjain sesuatu susah-susah. Namun, dengan hal itu bukanlah alasan buat bermalas-malasan. Salah satunya adalah mesin cuci, penggunaan mesin cuci memang memudahkan kita dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Namun, tau kah bahwa mesin cuci menguras daya listrik yang lebih loh bosku. Nah, biasanya beberapa orang malas untuk mencuci dengan tangan. Bahkan, 4-5 lembar baju saja menggunakan mesin cuci.

Cobalah kalian membiasakan sedikit demi sedikit mencuci dengan cara tanpa mesin cuci. Dengan hal tersebut kalian akan lebih terbiasa dan bahkan meminimalisir penggunaan mesin cuci ini.

Itulah tips-tips hemat energi buat kalian yah bosku. Ingat, dengan hemat energi kalian memberikan kesempatan kepada anak dan cucu kita untuk bisa merasakan manfaat adanya energi ini. Tak cuma energi saja yang terkendali tapi juga uang kalian di dompet pun akan terkendali hehehe. Gimana, kebayangkan untungnya.

Ok itu dulu cerita saya tentang tips hemat energi bosku, lakukan penghematan energi ini dengan hati yang ikhlas yah hahaha dan lakukan secara terus menerus mulai dari yang terkecil hingga terbesar. Sehingga program ini bukan lagi menjadi paksaan tapi kebiasaan.

Salam Energi Bosku.

Untuk berita mengenai Indonesia di sektor energi cuss langsung ke www.esdm.go.id.

Listrik merupakan salah satu energi yang vital dalam kehidupan sehari-hari. (foto: dok. pribadi)

Energi tidak pernah lepas dari kehidupan kita. Mulai dari peralatan rumah tangga bahkan kendaraan pun kita pastinya menggunakan energi. Bahkan untuk bergerak saja kita membutuhkan energi. Energi tidak dapat dapat diciptakan maupun dimusnahkan, namun ia dapat berubah dari satu energi ke energi yang lain – hukum kekekalan energi.

Ngomong-ngomong tentang energi, saya bakal ajak bosku-bosku semua ini buat cerita selama 15 hari ke depan tentang Energi Terbarukan dan Konservasi Energi nih di blog saya. Tenang, gak usah tegang gitu yah bosku karena kita lebih sharing aja hehe. Nah, kepoin terus deh cerita energi saya di blog ini.

Sebelum mengenal lebih jauh ke dalam, kita kenalannya lebih dekat dulu yah tentang energi terbarukan ini. Jadi, energi terbarukan merupakan energi berkelanjutan atau yang dapat diperbaharui bosku. Artinya, energi ini tidak akan pernah habis selama bumi ini terus berputar hehe. 

Namun, selama ini tau gak kalo kita menggunakan energi apa? Yapp benar banget, energi tak terbarukan. Energi tak terbarukan ini merupakan energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang telah mengalami masa pembentukkan selama jutaan tahun yang lalu atau biasa kita sebut bahan bakar fosil. Nah, bahan bakar fosil seperti batubara, minyak bumi dan gas alam ini lah yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan akan habis pada masanya jika kita terus menerus menggunakannya. Apalagi yang suka boros-boros tuh. Duh makin cepat habis aja loh nanti. 

Salah satu bahan bakar fosil ini yang biasa kita pake dalam kehidupan sehari-hari adalah bensin yang menggerakan kendaraan bermotor kita dan bahkan, listrik di rumah kita pun masih menggunakan energi fosil loh. Dan tau gak, bahwa penggunaan bahan bakar fosil ini memiliki dampak yang besar bagi bumi kita. Salah satunya adalah polusi udara yang berasal dari zat karbon monoksida pada penggunaan kendaraan bermotor, yang mana jika kita hirup dalam kadar yang berlebihan bisa mengganggu kesehatan kita.

Sebenarnya, ada banyak sumber energi di alam semesta ini yang udah tersedia dari dulu. Hanya saja baru sekarang sedang dalam pengembangan. Makanya nih bosku, belajar bener-bener yah biar kedepannya kita punya banyak sumber daya manusia yang hebat-hebat buat memanfaatkan energi yang ada di alam semesta ini menjadi energi terbarukan, biar gak bergantung lagi pada bahan bakar fosil dan beralih kepada energi yang lebih kekinian hehehe.

Nah, kalian tau gak apa aja sih sumber energi tersebut? Yuk kita bahas, mereka diantaranya adalah:

1. Energi Matahari

Yap Matahari, Bintang raksasa yang sebagai pusat tata surya ini ternyata punya banyak sekali manfaat. Tapi bentar dulu jangan salah paham, maksudnya bukan mataharinya tapi panas mataharinya nya loh bosku haha. Selain buat jemur pakaian, berjemur di pantai dan memaniskan kulit hehe, ternyata panas matahari juga bisa dimanfaatkan loh sebagai sumber energi kita sehari-hari. Salah satunya adalah penggunaan panel surya. Dengan panel surya, panas matahari akan diserap dan lalu sel-sel pada panel surya akan mengubah energi panas tersebut menjadi energi listrik. Kemudian, energi listrik yang dihasilkan tersebut dapat digunakan buat memenuhi kebutuhan listrik di rumah kita. Gimana, gratis kan hehehe.

2. Panas Bumi

Kemudian panas bumi atau dikenal dengan nama Geothermal. Jadi, konsep ini adalah memanfaatkan panas yang ada di dalam Bumi. Nah, pada bagian lapisan dalam bumi ini kita memiliki sumber energi panas dari Magma. Dan Magma itulah yang digunakan sebagai energi untuk memanaskan air yang berasal dari air hujan yang telah meresap selama jutaan tahun ke dalam tanah diatas magma. Kemudian air tersebut mengalami pemanasan yang mana air tersebut nantinya akan digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik yang sebelumnya telah tersambung dengan sebuah sumur produksi dan fasilitas pengolahan. Indonesia, merupakan salah satu negara yang kaya akan potensi panas bumi ini loh bosku. Mengingat bahwa Indonesia berada pada jalur busur vulkanik.

3. Energi Angin

Angin? Seriusan?. Hehehe seriusan lah bosku. Jadi, ternyata angin ini gak cuma buat menerbangkan layang-layang loh. Tapi juga bisa sebagai sumber energi terbarukan loh bosku. Angin yang bertiup di bumi kita ini mampu memutarkan baling-baling pada kincir angin. Nah, pada baling-baling kincir angin tersebut akan terhubung dengan generator yang mana nantinya akan mengubah energi gerak itu menjadi energi listrik.

4. Energi Air

Air? gimana lagi tuh? Jadi, air juga bisa dimanfaatkan sebagai energi terbarukan. Air disini bukan air yang ada di bak rumah kita loh hehe. Tapi air disini adalah yang memiliki arus seperti sungai ataupun air terjun. Dimana, arus air tersebutlah yang akan dimanfaatkan sebagai penggerak kincir air yang akan terhubung dengan generator. Cara kerjanya pun sama dengan energi angin.

5. Biomassa

Gimana? Tau gak hehe. Jadi, biomassa merupakan energi terbarukan yang memanfaatkan tumbuhan atau sejenis makhluk hidup yang telah mengalami proses pembusukan. Mereka adalah limbah pertanian, kotoran makhluk hidup ataupun sampah sisa makanan. Limbah-limbah tersebut dikumpulkan dan di tempatkan di sebuah tabung yang berisi bakteri. Bakteri tersebut akan menguraikan bahan-bahan limbah tadi menjadi gas metana. Dan gas metana ini lah yang akan disimpan ke dalam tabung penyimpanan gas yang akan digunakan sebagai bahan bakar seperti kompor ataupun generator untuk kebutuhan listrik.

Jadi gimana? udah kenal kan apa itu energi terbarukan dan sumbernya. Gak mesti baca buku 1000 halaman kan buat kenalan sama energi terbarukan. Jadi gimana? Tertantang gak nih buat mulai mendekati sang energi terbarukan ini hehe.

Kalau begitu, tunggu cerita baru tentang energi lagi besok yah bosku. Buat kalian juga yang punya pengetahuan tentang energi bisa kok saling sharing di kolom komentar bawah atau bisa sharing juga via sosial media saya. Salam Energi Terbarukan Bosku....

Buat kalian yang mau lebih tau tentang berita-berita terbaru seputar Indonesia di sektor energi yuk langsung kunjungi  www.esdm.go.id.